Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Daftar Pengeluaran Barang Pakai

Selamat datang Ibu/Bapak tenaga administrasi sekolah.
Dalam postingan kali ini, kami membahas apa yang dimaksud dengan (definisi) buku daftar pengeluaran barang pakai, fungsi atau kegunaan, manfaat, dan contoh format bukunya.

Berikut pembahasan selengkapnya.

Definisi:
Buku daftar pengeluaran barang pakai merupakan sebuah buku yang memuat catatan (pembukuan) barang-barang atau alat-alat yang gunakan oleh warga sekolah (baik guru, kepala sekolah, dan/atau tenaga administrasi sekolah itu sendiri) untuk keperluan tertentu yang berkaitan dengan kegiatan di sekolah. Misalnya alat tulis (ATK) atau barang lainnya yang habis dalam sekali pemakaian.

Fungsi atau kegunaan:
Sebagaimana dibahas pada "definisi" di atas, maka dapat disimpulkan bahwa buku tersebut memiliki fungsi/ kegunaannya yaitu untuk mencatat setiap barang-barang atau peralatan yang dikeluarkan (diberikan) oleh tenaga administrasi sekolah (yang bertanggung jawab memegang barang pakai) kepada guru, kepala sekolah, dan/atau warga sekolah lainnya yang dikehendaki penanggung jawab barang tersebut. Sehingga, pengeluaran setiap barang bisa terkontrol dengan jelas, kepada siapa dan untuk apa barang tersebut digunakan.

Manfaat:
Buku tersebut dapat dimanfaatkan sebagai administrasi sekolah terkait penggunaan sarana prasarana. Selain itu, buku daftar pengeluaran barang pakai ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan laporan pertanggungjawaban penggunaan barang-barang atau alat-alat milik sekolah.

Contoh format:
Buku daftar pengeluaran barang pakai tersusun dari cover dan isi (dalam bentuk tabel). Bagian cover buku ini sama seperti biasa, yaitu: (1) mencantumkan judul "Buku Daftar Pengeluaran Barang Pakai"; Tahun Pelajaran; Logo Sekolah; Nama Satuan Pendidikan; dan Alamat Sekolahnya. Adapun bagian isinya berupa tabel yang terdiri dari beberapa kolom yang memuat keterangan, di antaranya: Nomor urut; Tanggal; Nama barang/ alat; Banyaknya; Dipergunakan untuk...; dan Ttd Penerima.

Contoh formatnya bisa dilihat pada gambar berikut.

contoh format buku daftar pengeluaran barang atau alat pakai



Demikian pembahasan dan doc yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini. Semoga yang dibahas dan dibagikan dalam postingan ini bermanfaat bagi tenaga administrasi sekolah di SD, SMP, di SMA atau SMK, yang sedang mencari dan membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "Buku Daftar Pengeluaran Barang Pakai"