Lembar Observasi Tertutup untuk Penilaian Sikap
Dalam kurikulum 2013 (khususnya revisi 2017), penilaian sikap siswa/ peserta didik oleh guru dapat dilakukan dengan teknik observasi atau pengamatan, salah satunya yaitu observasi tertutup. Observasi tertutup yaitu pengamatan yang dilakukan tanpa sepengetahuan siswa, dalam artian hanya diketahui dan dinilai oleh guru itu sendiri.
Petunjuk pengisian:
Pada kolom "Ya" atau "Tidak", diberikan tanda centang (ceklis) berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap siswa.
Keterangan:
Kolom "Dst." merupakan kolom yang bisa ditambah jika penilaian sikapnya lebih dari 11 poin seperti terlihat pada tabel di atas.
Cara menghitung nilai:
Semua yang mendapatkan tanda ceklis pada kolom "Ya" selanjutnya dijumlahkan dan dibagi dengan skor maksimalnya, kemudian dikalikan 100.
Contoh: Jika ada 11 kriteria sikap yang diamati dalam lembar observasi, maka skor maksimalnya adalah 11. Jika siswa tertentu mendapatkan skor 8 (karena mempeoleh 8 ceklis "Ya") maka nilainya adalah (8 : 11) x 100.
Demikian pembahasan mengenai lembar observasi tertutup yang dapat kami sampaikan.
Jika terdapat kekeliruan dalam cara penghitungan nilainya, kami menunggu koreksinya dengan senang hati.
Lembar observasi tersebut digunakan guru untuk menilai aspek apektif atau sikap sehari-hari siswa menggunakan beberapa kriteria yang direncanakan sebelumnya.
Kriteria sikap yang biasa dinilai di antaranya:
- Berdoa sebelum memulai pembelajaran
- Beribadah, Menyelesaikan tugas, atau Datang ke sekolah tepat waktu
- Berani mengakui kesalahan sendiri, dan lain sebagainya.
Berdasarkan hal-hal yang dijelaskan di atas, maka pada artikel ini kami akan sharing file administrasi guru dalam hal penilaian sikap, yaitu lembar observasi tertutup yang dapat dijadikan sebagai contoh oleh guru SMP (atau MTs) dalam membuatnya.
Ini merupakan contoh terbaru dan berlaku dalam kurikulum 2013 revisi 2017.
Berikut ini contohnya.
Contoh Lembar Penilaian Sikap dengan Observasi Tertutup
Nama :
Kelas :
Semester :
No.
|
Sikap yang diamati
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Berdoa sebelum melakukan
aktivitas.
|
||
2
|
Beribadah tepat waktu.
|
||
3
|
Tidak mengganggu teman yang
bergama lain.
|
||
4
|
Berdoa sesuai agamanya.
|
||
5
|
Berani mengakui kesalahan
sendiri.
|
||
6
|
Menyelesaikan tugas-tugas
tepat waktu.
|
||
7
|
Berani menerima risiko atas
tindakan yang dilakukan.
|
||
8
|
Mengembalikan barang yang
dipinjam.
|
||
9
|
Meminta maaf jika melakukan
kesalahan.
|
||
10
|
Melakukan praktikum sesuai
dengan langkah yang ditetapkan.
|
||
11
|
Datang ke sekolah tepat waktu.
|
||
Dst.
|
(Sikap lainnya)
|
Petunjuk pengisian:
Pada kolom "Ya" atau "Tidak", diberikan tanda centang (ceklis) berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap siswa.
Keterangan:
Kolom "Dst." merupakan kolom yang bisa ditambah jika penilaian sikapnya lebih dari 11 poin seperti terlihat pada tabel di atas.
Cara menghitung nilai:
Semua yang mendapatkan tanda ceklis pada kolom "Ya" selanjutnya dijumlahkan dan dibagi dengan skor maksimalnya, kemudian dikalikan 100.
Contoh: Jika ada 11 kriteria sikap yang diamati dalam lembar observasi, maka skor maksimalnya adalah 11. Jika siswa tertentu mendapatkan skor 8 (karena mempeoleh 8 ceklis "Ya") maka nilainya adalah (8 : 11) x 100.
Demikian pembahasan mengenai lembar observasi tertutup yang dapat kami sampaikan.
Jika terdapat kekeliruan dalam cara penghitungan nilainya, kami menunggu koreksinya dengan senang hati.
Posting Komentar untuk "Lembar Observasi Tertutup untuk Penilaian Sikap"
Apabila ingin bertanya, berkomentar, dan request file, Bapak/Ibu bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.