Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirimkan Surat Lamaran Kerja Melalui Email

Ketika kita ingin melamar kerja ke suatu tempat, sudah menjadi hal yang umum bahwa surat lamaran itu dibawa langsung ke tempat yang dituju, kemudian diberikan kepada orang yang berwenang menerima surat itu. Akan tetapi, di zaman se-modern ini, penggunaan teknologi internet bisa mempermudah orang dalam melakukan berbagai hal, termasuk mengirimkan surat lamaran kerja. Alamat email dan koneksi internet adalah syarat utama agar seseorang dapat mengirimkan surat lamaran kerja itu secara online.

Sekarang, kami akan berbagi tutorial dengan Saudara tentang cara mengirimkan surat lamaran kerja via email.

Sebelum menyampaikan caranya (langkah-langkahnya)...
...Khusus bagi Saudara yang belum mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan. Anda dapat menyimak hal-hal berikut.

Yang harus dipersiapkan sebelum mengirimkan surat lamaran kerja via email, di antaranya:
  1. Berkas (file) berisi surat lamaran kerja - File itu bisa berupa ekstensi: .docx, .pdf, gambar hasil scanning dan/atau sebagainya (tergantung persyaratan dari pihak penerima)
  2. Koneksi internet
  3. Perangkat (bisa komputer atau HP smartphone).
Nah, apabila poin-poin yang disebutkan di atas sudah dimiliki, itu tandanya Saudara sudah siap mengirimkannya.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa di tutorial ini dijelaskan cara pengiriman menggunakan komputer. 

Baiklah, kita lanjutkan...
...ke langkah-langkah mengirimkan surat lamaran kerja melalui email:

Langkah ke-1
Buka email Anda;

Langkah ke-2
Klik tombol "Compose" (jika pengaturan bahasa dalam akun Anda adalah Inggris), atau "Tulis Pesan" (apabila pengaturannya bahasa Indonesia). Kemudian akan muncul tampilan untuk menulis email baru, seperti pada gambar berikut.

tombol compose (tulis pesan) dan papan pengetikan pada email
Gambar 1. Tombol "compose" dan papan pengetikan pada email
Keterangan:
di gambar papan pengetikan (ditunjuk dengan nomor 2) terdapat judul "New Message" yang di bawahnya ada kolom pengisian "To", "Subject", dan tampilan blank putih (tepat ditunjuk oleh nomor 2)...

...dan di bawahnya lagi ada deretan menu (terletak horizontal) secara berurutan dari kiri ke kanan di antaranya: send, A, attach file, insert file using drive, insert photo, insert link, emoji, serta paling ujung sebelah kanan ada tombol delete dan more options.

Sebelum lanjut ke "langkah 3", kami bahas terlebih dahulu fungsi dari komponen-komponen yang disebutkan di atas.

1. Kolom To merupakan kolom untuk mengisi alamat email tujuan (email perusahaan atau orang yang menyuruh kita mengirimkan lamaran);

2. Kolom Subject merupakan kolom yang diisi dengan subjek pesan atau email yang akan dikirimkan. Saudara dapat mengisinya dengan kata seperti "Permohonan kerja", "Lamaran kerja", atau kalimat lain sejenisnya;

3. Kolom penulisan pesan atau email (tampilan blank putih) merupakan tempat untuk mengetik pesan Anda. Di sana Anda bisa menulis langsung surat lamaran kerjanya dengan menyalin dan menempel (copy-paste) format surat yang telah diketik di Ms Word. Akan tetapi, biasanya hasilnya akan kurang rapi. Kami menyarankan bahwa kolom ini diisi dengan pengantar lamaran kerja Anda saja.

Untuk menulis pengantar surat lamaran kerja bisa mengikuti contoh di bawah ini.

Salam Hormat,
Dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Lengkap                   : ...
Alamat                                : ...
No. yang dapat dihubungi  : ...
bermaksud melamar pekerjaan untuk posisi ... di (nama tempat kerja) sebagaimana informasi yang saya peroleh dari ....
Bersama dengan ini, saya melampirkan berkas lamaran hasil scanning, di antaranya:
1. KTP;
2. Ijazah;
3. Foto;
4. Daftar Riwayat Hidup;
5. Pengalaman Kerja;
6. Sertifikat-sertifikat penghargaan.
Demikian permohonan ini saya sampaikan.
Semoga mendapatkan tindak lanjut.
Hormat saya,
Pelamar

Untuk lebih jelasnya, Saudara dapat melihat gambar di bawah ini.

contoh pengantar surat lamaran kerja yang dikirim via email
Gambar 2. contoh pengantar lamaran kerja

Langkah ke-3
Memasukkan file foto atau dokumen lamaran kerja bersama email, itu bisa dilakukan dengan meng-klik icon "Attach files" (bahasa Indonesianya melampirkan berkas). Letaknya ada di menu paling bawah urutan ketiga dari kiri (seperti pada gambar di atas ini). Fungsinya adalah untuk melampirkan file di komputer milik Saudara.

Setelah itu pilih file atau berkas lamaran yang sudah dipersiapkan pada komputer Anda. Silakan lihat gambar berikut.

melampirkan file ke dalam email
Gambar 3. Cara melampirkan file ke dalam email
Setelah itu tunggu proses peng-unggah-an (upload) hingga selesai.

Langkah ke-4
Mengirimkan email dengan mengklik "Send" atau "Kirim".
Tunggu proses pengirimannya sampai berhasil.

Nah. itulah cara mengirimkan surat lamaran kerja melalui email.
Anda bisa mempraktikkannya sekarang jika sudah paham.

Terima kasih atas waktu Anda di situs kami.
Semoga tutorial ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengirimkan Surat Lamaran Kerja Melalui Email"